terkini

Menilik Kesiapan RKB-I; Fasilitas dan Isinya





Insafitri dan Slamet Subari. Foto: Hudi
ALIPI NEWS – Jumat (29/03), wacana pemakaian gedung RKB-I setelah UTS (Ujian Tengah Semester) menjadi isu hangat dikalangan mahasiswa pertanian. Hal ini dikarenakan peresmian banguan RKB-I sudah cukup lama yakni 27 Desember 2018. Kelayakan RKB-I sebagai tempat KBM menjadi pertanyaan hangat di kalangan mahasiswa FP.

Lala, mahasiswa FP, menanggapi bahwa gedung RKB-I tampak luar seperti sudah siap pakai apalagi dilihat dari peresmiannya yang sudah cukup lama, “hingga saat ini RKB-I masih menjadi misteri kapan akan segera dipakai.” Ujarnya.

RKB-I  terdiri dari 3 lantai. Lantai satu dan dua digunakan oleh mahasiswa.  Setiap ruangan memiliki kapasitas  45 orang dengan dilengkapi kursi, papan tulis, proyektor dan CCTV. Sedangkan pada lantai 3 digunakan oleh dosen prodi serta jajaran dekanat.

“Proses pemakaian RKB-I masih menunggu fasilitas dari pihak terkait seperti kursi, proyektor, dan pipa air.”Ungkap Insafitri selaku Wakil Dekan II.

Gedung RKB-I lantai 3
Gedung dengan luasan 10x100 m2 dibagi menjadi 8 ruang kelas setiap lantai. Jumlah ruang kelas untuk mahasiswa sebanyak 16 ruangan yang terbagi di lantai satu dan dua. Sekat yang membatasi setiap ruang menggunakan trolling kayu dengan warna plitur coklat tua yang sangat kontras dengan ruang kelas yang berwarna putih.

Menyoal pembatas kelas menggunakan rolling kayu, Insafitri mengakui ada kekurangan. Seperti suara dari ruang satu ke ruang lainnya yang akan terdengar, yang bisa mengganggu proses belajar. Insafitri mengatakan bahwa pemilihan bahan kayu sebagai sekat antar kelas didasari karena RKB-I tidak memiliki aula.

“Ruang pembatasnya memang menggunakan rolling kayu. Hal ini didasari oleh RKB-I yang tidak dilengkapi Aula.” Jelas Insafitri.

Beberapa hal yang menjadi penghambat untuk pemakaian RKB-I diantaranya lahan parkir yang masih proses penataan antara tempat parkir dosen dan mahasiswa yang belum terkonsep. Tanggal pemakaian gedung ini masih belum dipastikan, namun target pemakaiannya direncanakan  pada tahun ajaran baru 2019/2020.

“Untuk RKB-B dan Gedung TIP lama akan diserahkan kepada pihak pusat, mengingat penggunaannya akan diatur oleh pihak terkait. Penggunaan RKB-I akan digunakan oleh semua prodi di Fakultas Pertanian.”Beber Slamet Subari, Dekan FP.
Pewarta: Hudi, Dian dan Milinda


3 komentar:

  1. Semoga dengan adanya gedung RKB-I, mahasiswa pertanian semakin baik kedepannya dalam hal SDM dsb. 🙏

    BalasHapus
  2. Kata yang benar cctv atau sisi tv ya kak?

    BalasHapus
  3. Lama ga ngampus. Eh, ada gedung baru ya?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.