terkini

MARITIM, Prodi Ilmu Kelautan, dan Kepedulian


Sumber: Dokumentasi Pribadi LPM Alipi


“Berbagi Keceriaan dan Menuai Keberkahan di Indahnya Bulan Ramadan bersama Anak Yatim dan Kaum Duafa” menjadi tema yang diusung HIMALA dalam acara amal bakti yang dilangsungkan pada Jum’at (30/04) dan Sabtu (01/05) di Balai Desa Telang.

Tema tersebut memiliki luaran berbagi di bulan Ramadan yang berupa berbagi pengalaman, materi, ilmu, dan baragam kuis untuk anak yatim. 

Pada acara MARITIM ini terdapat rentetan acara yang terbagi menjadi dua hari pelaksnaan. Pada hari ke-1, Jum’at (30/04) diadakan Bakti Sosial kepada beberapa duafa dilanjutkan khataman dan istighosah pada malam harinya, dan dilanjutkan kegiatan santunan pada hari berikutnya.

Menurut Ramanda selaku Ketua Pelaksana, konsep tahun ini berbeda dari tahun lalu, salah satunya dari segi tempat, di mana tahun ini menggunakan Balai Desa Telang. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang tempatnya selalu di salah satu yayasan panti asuhan atau di aula Maduraksa. Perbedaan lain yang mencolok, bisa dilihat antara lain dari segi rentetan acara MARITIM, di mana ada perbedaan antara tahun ini dengan tahun lalu bahwa pada MARITIM tahun ini, selain mengadakan santunan anak yatim, HIMALA juga mengadakan Baksos yang dihadiri warga duafa di daerah Telang dan di sekitar kampus. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya mengadakan santunan untuk anak yatim.


 Sumber:  Dokumentasi  Pribadi LPM Alipi


“MARITIM itu sendiri adalah salah satu acara tahunan besutan HIMALA, yang memiliki focus melakukan amal bakti dengan cara berbagi bersama anak yatim,” jelas Maulidi selaku Ketum HIMALA. “Alasan mendasar mengapa perlu diadakannya acara ini yakni agar mahasiwa Ilmu Kelautan memiliki jiwa sosial dan rasa peduli untuk berbagi kepada yang membutuhkan,” tambahnya.  
Dijelaskan lebih lanjut oleh Maulidi, bahwa acara MARITIM tahun ini terpantau berjalan dengan sukses. Hal ini dilihat dari jumlah peserta yang hadir dan mahasiswa Ilmu Kelautan yang datang. “Acara MARITIM kali ini sudah berjalan sangat baik. Dikemas dengan nuansa islami juga sesuai dengan protokol kesehatan di mana dari pihak HIMALA sudah turut membagikan masker,” nilai Aya selaku Kaprodi Ilmu Kelautan saat diwawancara.   

“Harapannya ya agar terjalin terus silaturrahim antara kita dengan para duafa dan anak yatim,” pungkas Maulidi.  Eka, selaku Dosen Ilmu Kelautan juga memiliki harapan untuk acara MARITIM, yakni agar mahasiswa Ilmu Kelautan dapat berkontribusi aktif dan mampu memberikan kegiatan yang bermanfaat  kepada anak-anak yatim yang kurang mampu. “Terakhir, semoga acara ini berkelanjutan karena memiliki nilai sosial dan positif yang tinggi sehingga prodi sangat mendukung kegiatan ini. Dan harapannya di tahun berikutnya dapat dikembangkan lagi kegiatan MARITIM dengan kolaborasi lintas prodi atau organisasi dan mengundang lebih dari satu yayasan,” jelas Aya dengan penuh harap.

Reporter: Alwi, Dewi, dan Wildan
Editor: Vinda

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.