terkini

Sekilas Cerita Di Balik Sekolah Legislasi dan Advokasi (SELEGSI)

 
"Sambutan Oleh Ketua Pelaksana"

(Foto : Dokumentasi Internal Alipi)


Alipi NEWS- Sabtu (16/7/2022) Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Pertanian mengadakan Sekolah Legislasi dan Advokasi (SELEGSI) dengan mengusung tema "Terbentuknya Jiwa Legislator Muda Yang Kritis Guna Menyambut Indonesia Emas 2045". Alasan memilih tema tersebut karena untuk mempersiapkan generasi kita ditahun 2045 yang akan menggantikan para pejabat yang saat ini menjabat. SELEGSI diadakan secara luring di Gedung Student Center selama 2 hari yaitu tanggal 16-17 Juli 2022. 

Acara yang diadakan tersebut memiliki manfaat yang cukup penting bagi mahasiswa. Eka selaku ketua pelaksanaan SELEKSI menjelaskan tentang manfaat diadakannya Sekolah Legislasi dan Advokasi (SELEGSI) "Seperti namanya, ini berguna untuk memberikan pemahaman tentang legislasi dan advokasi," jelas Eka. Ketua pelaksana tersebut juga menambahkan bahwa diadakannya acara ini bertujuan untuk memberikan ilmu baru pada mahasiswa khususnya Fakultas Pertanian mengenai ke legislasian, bagaimana menjadi seseorang yang lebih kritis dan tanggap, cermat terkait menyelesaikan suatu permasalah. Selain itu, sekolah legislasi diadakan karena mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) kurang paham dengan ke legislasian yang masih awam, diharapkan dengan acara ini bisa menambah wawasan sebagaimana fungsi DPM secara umum. 

"Penyampaian Materi Oleh Pemateri"

(Foto: Dokumentasi Internal Alipi)


Acara yang rutin diadakan oleh DPM Fakultas Pertanian ini untuk pertama kali dilaksanakan secara luring setelah beberapa tahun yang lalu diadakan secara daring. Jumlah pemateri yang lebih banyak dari tahun lalu sehingga acara ini diadakan selama 2 hari. Meskipun tidak semua pemateri dapat hadir langsung ditempat, namun acara dapat tetap berjalan dengan lancar. Selain itu antusias dari peserta cukup baik meskipun jumlah peserta belum mencapai target yang diinginkan. Eka memberi tanggapan mengenai peserta yang tidak dapat hadir di acara tersebut "Karena memang dilaksanakan pada waktu liburan sehingga banyak yang sudah pulang dan tidak berada di Telang,” ujar Eka.

Peserta yang mengikuti acara tersebut merasakan bahwa menurutnya acara ini telah dilaksanakan dengan luar biasa dan cukup meriah dengan pemateri yang hebat seperti dari DPR RI dan DPRD. Sejalan dengan yang disampaikan Ubay mahasiswa Teknik Elektro mengungkapkan pendapatnya tentang acara tersebut "Secara umum dalam pelaksanaan acara ini menurut saya cukup meriah, dan saya cukup senang dengan adanya sekolah legislasi ini karena dapat menambah wawasan, menambah pengetahuan terkait legislator," ungkap Ubay.  

Ubay juga mengharapkan pemateri dapat hadir secara offline di acara, selain itu dia juga berharap adanya sekolah legislasi ini nantinya dapat diterapkan di DPM saat ini. Serta dengan adanya acara ini menjadi inspirasi bagi DPM lainya sehingga dapat melaksanakan sekolah legislasi di setiap fakultas. Di samping itu, Eka juga berharap acara di tahun depan dapat berjalan lebih meriah dan lebih banyak peserta serta pemateri yang dapat hadir secara langsung "Harapan untuk kedepannya bisa lebih dimeriahkan lagi, dan lebih banyak peserta yang ikut dalam sekolah legislasi ini. Harapan kedepan pemateri dapat hadir secara langsung di kampus,” ungkap Eka dengan penuh harapan.


Reporter : Alwi  
Editor: Ariyani

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.