Lembaga Pers Mahasiswa Aktualita Liputan Pertanian (ALIPI) adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura yang bergerak di bidang jurnalistik

Mengemban Amanah Baru: Ikrar dan Sumpah Pelantikan BEM dan BK FP 2017


ALIPI-Sabtu malam (18/3) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanaian (Faperta) mengadakan acara pelantikan bersama dan serah terima jabatan Badan Kelengkapan (BK) Faperta serta anggota BEM periode 2017. kegiatan yang bertajuk "Pertanian Satu" tersebut berlangsung di Gedung Auditorium Universitas Trunojoyo Madura (UTM).
.
Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian, Slamet Subari, Gubernur Fakultas Pertanian  2016 Fajar Mustika, wakil Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Faperta 2016, serta seluruh ketua umum BK periode 2016-2017. Berbeda dengan pelantikan tahun kemarin, kegiatan malam itu diwarnai dengan dinyanyikannya lagu mars UTM. Hal ini mengacu pada keputusan DPM Pusat yang mengharuskan dinyanyikannya mars UTM pada setiap kegiatan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA).
Memasuki acara inti, seluruh anggota BEM dan ketua umum BK Fakultas Pertanian berikrar mengucapkan sumpah dan janjinya mengemban amanah hingga akhir jabatan. Sumpah dan janji tersebut langsung dibacakan oleh Gubernur BEM Fakultas Pertanian 2017 Andika  dan diikuti oleh segenap peserta pelantikan.  Dengan diucapkannya sumpah tersebut, maka masa jabatan seluruh jajaran 2016 berakhir dan siap di emban oleh jajaran periode 2017. Setelah pembacaan ikrar, acara dilanjutkan dengan sambutan dekan fakultas pertanian dan jajaran petinggi ormawa. Dalam sambutannya, Bapak Slamet Subari menyampaikan fungsi dan makna dari ikrar yang telah diamanatkan kepada peserta pelantikan. Beliau menambahkan bahwasannya  sumpah dan ikrar yang telah diucapkan tidak hanya tanggung jawab kepada mahasiswa fakultas pertanian, tetapi juga tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.
“ikrar dan sumpah yang telah diucapkan tidak hanya bertanggung jawab kepada mahasiswa fakultas pertanian, tetapi juga tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berhadapan langsung oleh Allah SWT, artinya apabila kita melenceng dari apa yang disumpahkan, maka konsekuensinya sudah jelas” terang beliau.
Tak ketinggalan, sebagai gubernur BEM FP periode 2016-2017, Fajar Mustika menambahkan makna dari penjabaran ikrar tersebut. Menurutnya,  bekerja dalam mengemban amanah tersebut dilakukan secara sukarela dan tanpa mengharap balasan material maupun sosial.
“Pada malam yang suci ini, malam yang penuh makna ini adik-adik semua dilantik dan disumpah janjinya bahwasannya satu tahun kedepan adik-adik memiliki tanggung jawab yang besar tidak hanya di kepengurusan tetapi juga pada seluruh mahasiswa fakultas pertanian. Dan ijinkan saya mengatakan sebuah motivasi, ada seorang motivator berkata, berkatalah pada diri kita sendiri, kita tidak bekerja untuk uang atau jabatan akan tetapi saya bekerja yang terbaik yang bisa saya lakukan, sehingga jabatan dan uang itu akan datang dengan sendirinya” ujarnya.
Selain sambutan dari bapak dekan dan Gubernur BEM Fakultas Pertanian, Andika Yuli Herianto sebagai Gubernur BEM FP terpilih juga menyampaikan apresiasi dan kebangggannya bagi para peserta pelantikan yang telah berhasil terpilih untuk mengemban amanah yang akan dijalankan. Ia mengharapkan seluruh ketua umum BK, BEM dan DPM mampu bekerjasama dengan baik dan menjalankan fungsi dan perannya masing-masing sesuai kapasitasnya.
Acara yang di agendakan setiap tahun ini ditutup dengan gembira dan khidmat oleh para peserta. Sebagai bentuk pengakraban dan solidaritas sesama mahasiswa, tak lupa para peserta mengabadikan momen ini dengan foto bersama. (FIR/ANG/AND)
Labels: Berita

Thanks for reading Mengemban Amanah Baru: Ikrar dan Sumpah Pelantikan BEM dan BK FP 2017. Please share...!

0 Comment for " Mengemban Amanah Baru: Ikrar dan Sumpah Pelantikan BEM dan BK FP 2017"

Back To Top