Hari Tani Nasional, Bukan Lagi Orasi Melainkan Aksi



ALIPI NEWS - (24/09) Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO), memperingati Hari Tani Nasional yang ke-58  dengan mengusung tema "Dari Mahasiswa Untuk Pertanian  Indonesia”.  Acara tersebut berlangsung mulai pukul 14.00 WIB di lahan Agroteknologi, yang dihadiri oleh mahasiswa, dosen dan koordinator program studi agroteknologi. Setiap tahunnya HIMAGRO selalu memperingati Hari Tani Nasional dengan tema dan konsep yang berbeda.

"Tujuan acara ini supaya mahasiswa agroteknologi mengetahui kondisi pertanian Indonesia itu seperti apa." tutur Suci, selaku ketua pelaksana. 

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini HIMAGRO mengkonsep dengan kemasan yang beda dari tahun sebelumnya yaitu membuat perlombaan menanam berbagai jenis tanaman budidaya di lahan agroteknologi yang diikuti mahasiswa agro mulai dari angkatan 2015 hingga 2018. Sedangkan untuk tahun kemarin HIMAGRO merayakan hari tani nasional dengan orasi mengelilingi kampus hingga turun kejalan. 



Rentetan kegiatan mulai dari sambutan-sambutan, penyerahan dan penanaman tanaman blewah sebagai pembukaan acara. Acara puncaknya yaitu penamanan berbagai tanaman budidaya oleh mahasiswa agroteknologi, tanaman yang diperlombakan yaitu blewah, mentimun, tomat, ubi jalar dan kacang tanah. Jangka waktu perlombaan selama 3 bulan untuk masa tanam dengan pantauan dosen agroteknologi mulai dari kondisi tanah hingga hama dan penyakitnya.

“Acara ini sangat sinkron, mengingat hari tani yang diisi dengan turun ke lahan supaya mahasiswa mengetahui apa yang dirasakan petani, sehingga saya sebagai mahasiswa baru mendapat ilmu yang bermanfaat." Ucap Eva, salah satu mahasiswa agroteknologi angkatan 2018.

Reporter : Indri
                  Sulton

Share:

1 komentar: