Lembaga Pers Mahasiswa Aktualita Liputan Pertanian (ALIPI) adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura yang bergerak di bidang jurnalistik

Dihadiri Dahlan Iskan, YS Dapat Apresiasi Banyak Pihak



ALIPINEWS - Hari Sabtu (14/10) UKM FP Penalaran mengadakan seminar nasional dengan tema ” Teknologi Berbasis Energi Terbarukan sebagai Tantangan dan Peluang Pemuda Menuju Pembangunan Berkelanjutan” yang merupakan salah satu kegiatan dalam acara Youth Summit. Bertempat di Gedung Pertemuan Universitas Trunojoyo Madura dan dihadiri oleh hampir 500 peserta dari berbagai Universitas dengan pembicara Prof. Dr.(H.C) Dahlan Iskan, Andreas Sanjaya, Dr. Edi Sukur, M.Eng dan Koko Joni, M.Eng.

Acara tersebut dibuka oleh Ir. Slamet Subari, M.P. selaku Dekan Fakultas Pertanian.”Terus terang saya kaget dan mengapresiasi acara ini. Jumlah pesertanya sekitar 500, ini luar biasa, jarang-jarang ada kegiatan yang nuansanya pengembangan inovasi dan teknologi yang pesertanya banyak. Karena biasanya mahasiswa itu menghadiri acara yang sifatnya hura-hura”. Tuturnya.

Para peserta seminar tampak antusias, hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan mengenai isu-isu tentang teknologi saat ini dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tema. Menurut Rozi selaku ketua pelaksana, acara Youth Summit ini bisa dibilang sukses, karena dilihat dari hari pertama saat presentasi call for paper kemarin pesertanya 9 tim dari 7 universitas. Target peserta 500 dan yang hadir 446 peserta, semua pemateri juga hadir. “Dengan diadakannya acara ini diharapkan membuka wawasan teman-teman tentang teknologi”  ujar Rozi pada kami.
Dahlan Iskan selaku pemateri utama seminar ini mengungkapkan bahwa di Indonesia suatu saat nanti akan ada robot yang mampu menggantikan pekerjaan manusia. “Dengan teknologi, suatu saat nanti akan ada robot yang akan menggantikan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Misalnya menjadi seorang guru atau dosen” Ujarnya.

Menurut Niam, salah satu peserta seminar dari prodi Ilmu Kelautan UTM mengatakan bahwa motivasinya datang ke seminar selain bertemu Dahlan Iskan juga menambah relasi dan memotivasi dirinya sendiri untuk menciptakan teknologi. “Motivasi saya datang ke seminar ini salah satunya karena ada Pak Dahlan, selain itu juga bisa menambah relasi dan untuk memotivasi diri sendiri agar bisa menciptakan inovasi teknologi dalam bidang ilmu kelautan khususnya” tuturnya. 

Pada penghujung acara seminar ini juga diumumkan pemenang dari kegiatan call for paper. Juara harapan 2 diraih oleh tim  Universitas Brawijaya, juara harapan 1 diraih oleh tim Universitas Negeri Surabaya, juara 3 oleh tim Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya(ITS), juara 2 oleh tim Universitas Jambi, dan juara 1 diraih oleh tim dari ITS. Bagas, mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan ITS yang memenangkan juara 1 call for paper bersama kedua rekannya Muhammad Taufiqurrahman dan Muhammad Rizky Mubarok, tidak menyangka mendapatkan juara satu atas karya mereka. “Alhamdulillah ga nyangka, habis presentasi kemarin dihubungi jurusan karena ada berkas yang harus diselesaikan, jadi balik dulu ke Surabaya. Dan kemarin-kemarin juga tidak kepikiran kalau bisa dapat juara satu” ungkapnya.  Acara seminar ditutup dengan kelas paralel dengan berbagai materi yang ditawarkan (Ell/Ida).
Labels: Berita

Thanks for reading Dihadiri Dahlan Iskan, YS Dapat Apresiasi Banyak Pihak. Please share...!

0 Comment for "Dihadiri Dahlan Iskan, YS Dapat Apresiasi Banyak Pihak"

Back To Top