Lembaga Pers Mahasiswa Aktualita Liputan Pertanian (ALIPI) adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura yang bergerak di bidang jurnalistik

Mural, Spot Foto Terbaru Bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian


ALIPINEWS - Bagi seorang seniman, kreativitas tidak harus dituangkan kedalam selembar kertas atau sebuah kanvas saja namun bisa diluapkan dimana saja. Suatu keindahan tak akan elok tanpa ada goresan seni. Perlu tangan-tangan kreatif untuk merubah suatu hal yang biasa menjadi hal yang spektakuler. Bukan hanya ide semata, melainkan aksi nyata yang seorang seniman lakukan untuk mengetahui bakatnya. Tidak semua seniman mempunyai tempat terentu untuk meluapkan semua kreativitasnya, ada beberapa seniman yang lebih suka meluapkan idenya dijalan, bangunan tua, ditembok maupun ditempat umum lainnya. Karena bagi seniman sebuah ide akan muncul dimanapun mereka berada.

Salah satu UKM_F pertanian yang bergerak adalam bidang kesenian yaitu UKM_F Daun menyulap tembok SEKBER (Sekretariat Bersama) Pertanian lama yang telah usang menjadi sebuah karya seni. Pada awalnya UKM-F Daun merasa kesulitan dalam hal persetujuan, akan tetapi setelah dipertimbangkan oleh beberapa pihak akhirnya mendapatkan persetujuan, karena bagi pihak lain (Badan Kelengkapan) dirasa bermanfaat dan berdampak positif, khususnya untuk anak pertanian sendiri. SEKBER dipilih sebagai wahana untuk meluapkan kreatifitasnya karena SEKBER merupakan tempat yang lebih sering dikunjungi oleh anak ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) FP, selain itu juga sering digunakan sebagai tempat rapat.

Dirasa terkesan tua dan kurang nyaman, akhirnya UKM_F Daun berinisiatif untuk menghias gedung SEKBER dengan MURAL. Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen. Dengan karya tersebut UKM_F Daun dapat menunjukkan eksistensinya dibidang seni dengan karya mereka yang telah mereka buat. Saai ini SEKBER terkesan lebih cantik, menarik dan menjadikan suasa ruangan yang dulunya seperti ruangan kosong (mati) kini menjadi lebih hidup karena penuh dengan warna-warna yang sangat indah. Karya tersebut menjadikan spot foto terbaru bagi mahasiswa Fakultas Pertanian.

Gambar mural dengan sentuhan warna-warna yang beraneka ragam, memberikan makna meskipun berbeda namun perbedaan itu yang menjadikan indah. Untuk Kreatornya sendiri adalah saudara Akbar mantan Ketua Umum periode sebelumnya dan dibantu oleh para anggota daun.  Pembuatan mural dilakukan selama 4 hari. Pembuatan mural ini bertujuan sebagai sarana bagi mahasiswa baru yang bergabung dengan UKM-F Daun dapat dapat berkreasi dan belajar dalam hal kesenian. Selain itu ingin menata SEKBER agar terlihat lebih cantik.

UKM-F Daun Kedepannya, ingin untuk mmperluas hiasan di SEKBER, karena belum sepenuhnya berhasil di dihiasi. Harapan dari UKM-F Daun yaitu menarik minat mahasiswa fakultas pertanian untuk berkunjung ke SEKBER lama agar suasana lebih hidup dan tidak sepi. Hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi UKM-F Daun karena banyak yang mengapresiasi hasil karya mereka dan mendudukung mereka untuk lebih baik kedepannya. (Dwi/Fad) 

0 Comment for "Mural, Spot Foto Terbaru Bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian"

Back To Top