terkini

Kegiatan PPK Ormawa Himagri mendapat dukungan penuh dari kepala Gapoktan Di Desa Keleyan

"Penjelasan Gambaran Umum PPK Ormawa Himagri Oleh Gapoktan Desa Keleyan"

               (Foto: Dokumentasi Alipi)



Alipi News-Rabu (10/08) Telah terlaksana pembukaan kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa atau PPK Ormawa dari Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri). Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB di Balai Desa Keleyan tempat PPK Ormawa akan dilaksanakan. Acara pembukaan PPK Ormawa di awali dengan sambutan-sambutan dari beberapa pihak terkait dan juga pembukaan secara simbolis. 


Anisa, selaku ketua tim PPK Ormawa Himagri UTM menjelaskan bahwa pada kegiatan hari ini hanya penyampaian gambaran umum dari kegiatan PPK Ormawa yang rencana akan dilaksanakan dari bulan Agustus hingga November. "Kita menyampaikan terkait alur PPK Ormawa, kelanjutannya seperti apa, dan juga kita bentuk kepengurusan dari peserta (petani Desa Keleyan) untuk mengolah program ini nantinya, dan juga keberlanjutan program ini seperti apa,” ungkap Anisa.


Anisa juga menjelaskan alur dari kegiatan PPK Ormawa ini yang dimulai dengan pembukaan pada hari ini, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan screen house pada hari Sabtu (13/8) lalu pemasangan alat vertigasi yang akan digunakan untuk budidaya melon, penanaman benih melon serta pemeliharaan hingga panen dan di akhiri dengan loka karya. Selain itu Anisa memaparkan bahwa sejauh ini tim Himagri telah menyiapkan timeline pelaksanaan kegiatan, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan screen house, pembenihan dan pembibitan melon serta pembagian tugas dalam tim. "Bisa kita bilang 60-70% untuk screen house-nya saja, terkait pemasangan vertigasi beda rentetan lagi,” sambung Anisa.


Pelaksanaan kegiatan PPK Ormawa ini tidak luput dari dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya pihak Desa Keleyan sendiri. "Dari  awal teman-teman memberikan gambaran dan meminta izin, saya beserta bapak (kepala desa) sangat antusias, kami menerima penuh dan mendampingi sampai saat ini, tapi sampai saat nanti kegiatan ini selesai, kami ingin mendapatkan manfaat, dukungan yang kami berikan bisa memberi hasil juga bagi kami,” jelas Anisa selaku operator Desa Keleyan. 


Selain dari pihak desa, Rifa'i selaku kepala Gabungan 14 Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Keleyan juga mendukung 100% dalam pelaksanaan kegiatan PPK Ormawa Himagri ini. Beliau menyampaikan bahwa beliau akan menjadi leader dari para peserta yaitu petani Desa Keleyan itu sendiri. "Saya akan menjadi leader di atas mereka (peserta), selalu mengondisikan mereka, mengkoordinir mereka, memberi pemahaman kepada mereka, dan juga bisa menjadi kepanjangan pemikiran dari mahasiswa ke peserta. Sehingga pemikiran dan apa yang diinginkan mahasiswa dapat dimengerti oleh peserta,” terang Rifa'i.


Selain dukungan, Rifa'i juga berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat menambah ilmu petani tentang teknik budidaya melon yang selama ini hanya dilakukan secara sederhana saja. Sejalan dengan apa yang disampaikan, Putri (anak dari kepala desa) tersebut berharap inovasi dari kegiatan PPK Ormawa ini dapat digunakan oleh petani di Desa Keleyan. "Karena selama ini di Desa Keleyan cuma menanam kacang tanah, jagung dan padi, seperti desa di Madura pada umumnya,” Ujar Putri. 


Reporter    : Abdurahman 

Editor        : Bayu


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.