terkini

Peringatan HUT RI ke-77: UKM Mardic Kibarkan Sang Saka Merah Putih di Bawah Laut

"Pengibaran Sang Merah Putih di Bawah Laut"

(Foto : Dokumentasi Oleh Mardic)


Alipi NEWS- Dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 banyak cara untuk memperingati hari tersebut. UKM Mardic memiliki cara tersendiri untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 yakni dengan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut. Upacara pengibaran bendera merah putih dilakukan pada pukul 10.00 WIB. Pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini berjumlah 35 orang. 

Abdul selaku Dewan Pertimbangan Organisasi(DPO) menjelaskan dilakukan kegiatan pengibaran bendera merah putih di bawah laut ini dapat menjaga ekosistem laut yang ada di Indonesia. Selain itu, dilakukannya upacara bendera di bawah laut ini tak lain untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia dan menunjukkan makna yang tersirat dalam upacara tersebut, bahwasanya cara untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dalam masa kini yaitu menjaga kekayaan alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri salah satunya kekayaan laut. 

Bendera yang dikibarkan di bawah laut yaitu bendera yang dipakai pada umumnya seperti bendera di depan rumah dengan ukuran 60 cm × 90 cm. Dalam melakukan pengibaran bendera ini, mulai dari persiapan hingga selesainya upacara memerlukan waktu sekitar 1 jam. Persiapan dalam melakukan pengibaran bendera merah putih di bawah laut dengan memeriksa kondisi kesehatan perserta dan kebutuhan lainnya seperti perlengkapan selam, transportasi, serta titik spot pengibaran yang aman dikarenakan di Pulau Mandangin sendiri terdapat banyak bulu babi. Potensi–potensi kekayaan laut tersebut dapat bermanfaat kepada masyarakat dan negara. 

Di balik kegiatan pengibaran bendera merah putih dibawah laut oleh UKM Mardic terdapat beberapa kendala yang dihadapi rekan-rekan dari UKM Mardic. Taufiq selaku ketua umum UKM Mardic sekaligus pasukan pengibar menuturkan bahwa adapun kendala-kendala yang dihadapi, salah satunya yaitu kondisi laut yang kurang mendukung. Arus yang kencang dan tingkat velocity yang kurang menjadi tantangan sendiri bagi mereka.
Ketua umum UKM Mardic tersebut juga merasakan senang sekaligus bangga karena telah ikut serta menjadi bagian dari kegiatan pengibaran bendera merah putih untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Dia juga berharap dari dilaksanakannya pengibaran bendera di bawah laut ini dapat meningkatkan rasa cinta terhadap laut dan bidang maritim di dunia sehingga potensi kelautan dapat ditingkatkan untuk kemajuan NKRI.


Reporter: Anisa & Alif
Editor: Bayu & Ariyani

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.