terkini

Minimnya Minat Mahasiswa Berorganisasi di Fakultas Pertanian

Alipi News-Kamis (25/8/2022) Pembukaan pendaftaran calon anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura telah dibuka. Berdasarkan kesaksian dari berbagai anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) rata-rata mengalami penurunan minat pendaftar ketika open recruitment dijalankan. Rendahnya minat mahasiswa berorganisasi juga disebabkan karena memang masih ‘enggannya’ diri mahasiswa sendiri untuk berorganisasi di kampus. Banyak alasan yang seringkali mengemuka atas ke-engganan mahasiswa berorganisasi di kampus, diantaranya ialah karena tugas kuliah sehari-hari yang sudah banyak, kegiatan organisasi yang kurang begitu menarik bagi mereka, atau karena tidak mau terbebani dengan kegiatan organisasi kampus.
"Stand Open Recruitment UKM-FP Porgafta"
(Foto: Dokumentasi Porgafta)


Eltsabitah selaku Ketua Umum UKM Porgafta mengatakan dari sisi mereka juga menyetujui adanya penurunan minat terutama dari Mahasiswa Baru (Maba). “Progres oprec-nya kalau dibandingkan tahun kemarin nih untuk tahun sekarang itu sepertinya mengalami penurunan jika dilihat dari jumlah pendaftar, tahun kemarin itu kita bisa mencapai 160 pendaftar tapi yang lolos diklat sekitar 83 orang. Untuk sekarang itu sejauh ini yang mendaftar ada 73 orang cuman belum tahu untuk yang ikut diklat berapa orangnya,” jelas Eltsabitah. 

Terdapat beberapa kendala yang dirasakan dalam pembukaan pendaftaran calon anggota baru UKM kali ini. Hal tersebut dirasakan Eltsabitah selama masa oprec berlangsung. “Kita kan ada pengumpulan formulir secara offline nih, kan jumlah yang daftar mengisi di google form 70 an orang tapi sejauh ini yang ngumpulin formulir secara offline, berkas-berkas administrasinya itu hanya 30 an orang, jadi hanya setengah lah kayak gitu,” tutur Eltsabitah. 

" Stand Open Recruitment UKM-FP Penalaran"

(Foto: Dokumentasi Penalaran)


Selain UKM Porgafta, UKM lainnya yakni UKM Penalaran sempat mengalami sepi peminat. Ririn selaku ketua umum UKM Penalaran mengungkapkan jalannya open recruitment dari UKM Penalaran. “Sebetulnya di awal-awal minggu pertama bener-bener yang daftar bisa dihitung jari lah ibaratnya. Saya saja sempat kepikiran dan sempat bimbang ini bagaimana ya minatnya kok dikit banget gitu, tapi alhamdulillah di minggu-minggu terakhir itu teman-teman pada ke stand dan juga japri tanya-tanya tentang open recruitment dari penalaran itu sendiri. Jadi bisa dibilang emang di awal itu agak chaos banget tapi diakhir-akhir alhamdulillah lumayan juga,” ungkap Ririn. Ketua umum UKM Penalaran tersebut menyebutkan jumlah pendaftar calon anggota baru untuk sementara waktu ini, dari hari pertama pembukaan hingga hari terakhir penutupan pendaftaran. “Dari mulai tanggal 4 sampai tanggal 26 ini atau sekitar 21 hari kalau ngga salah, sejauh ini alhamdulillah itu sudah sekitar 80-an untuk jumlah lebih pastinya lagi sepertinya saya ngga tahu karena ini hari terakhir, nanti setelah itu mungkin bisa diakumulasikan semuanya tapi untuk saat ini ada sekitar 80 an lebih gitu,” pungkas Ririn. 

UKM Viper atau UKM yang bergerak di bidang musik dan event organizer juga mengalami penurunan pendaftar. Ketua umum UKM Viper, Putri menjelaskan open recruitment di tahun ini karena kurang minat. “Sedikit mengalami penurunan karena memang mungkin terdapat sedikit kendala dari minatnya teman-teman utamanya teman-teman dari mahasiswa baru,” jelas Putri. 

Ketua umum UKM Viper tersebut juga memaparkan kendala yang dihadapi selama oprec berlangsung, bahwasannya banyak maba yang kurang pemahaman mengenai UKM di Fakultas Pertanian. “Mungkin dari teman-teman mahasiswa baru utamanya ini masih belum paham betul terkait organisasi dari UKM-F di pertanian, terlebih lagi di Viper Collaboration sendiri kan bergerak di bidang musik dan juga event organizer. Nah, mungkin teman-teman di sini masih berpikiran bahwasannya orang-orang yang dapat mendaftar di UKM Viper ini orang-orang yang memang memiliki bakat di musik, sebenarnya bukan seperti itu. Sebenarnya kita welcome untuk semua mahasiswa yang memang ada minat dan juga mau belajar berproses bersama di bidang musik, dibidang event organizer-nya maupun di organisasinya. Jadi kita welcome untuk semua mahasiswa terutama mahasiswa baru yang memang ada keinginan ada minat dan juga ada kemauan untuk belajar maupun berproses bersama,” terang Putri. 


Reporter : Shafa dan Ariyani
Editor : Bayu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.